Technologue.id, Jakarta - Mengikuti jejak Spotify dan para pesaingnya di industri streaming, YouTube kini resmi memasuki ranah rekap tahunan. Platform milik Google tersebut mengumumkan peluncuran YouTube Recap, fitur baru yang merangkum aktivitas dan kebiasaan menonton pengguna sepanjang tahun.
Peluncuran dimulai untuk pengguna di Amerika Utara, dan akan menjangkau seluruh dunia pada akhir minggu ini.
Dengan hadirnya fitur ini, YouTube menegaskan posisinya sebagai platform serbaguna yang tak hanya menjadi tempat menonton video, tetapi juga pusat konsumsi musik, hiburan, dan pembelajaran. Fitur ini juga menandai langkah baru YouTube dalam bersaing dengan Spotify Wrapped, Apple Music Replay, dan Amazon Music Delivered.
Baca Juga:
Satu Tahun YouTube Shopping Pacu Lonjakan Besar dalam Konsumsi Konten Belanja
Setelah YouTube Recap tersedia untuk akun Anda, fitur tersebut dapat ditemukan langsung di halaman utama YouTube atau melalui tab pribadi (“Your tab”).
YouTube menyebut bahwa Recap ini akan menyoroti minat, penelusuran mendalam, dan momen yang Anda jelajahi sepanjang tahun, menggunakan data tontonan yang terkumpul selama tahun 2025.
YouTube Recap tidak hanya memberikan daftar sederhana. Platform ini menghadirkan hingga 12 kartu visual berbeda, yang menyajikan rangkuman pengalaman menonton Anda dari berbagai sudut pandang, seperti channel yang paling sering Anda tonton, minat dan topik favorit, hingga perkembangan kebiasaan menonton Anda dari waktu ke waktu.
Dengan pendekatan yang lebih personal dan sedikit gamified, YouTube tampaknya ingin membuat pengalaman rekap lebih menyenangkan sekaligus informatif.
Baca Juga:
Konten Kreator Merajalela, Waktu Tonton YouTube Meningkat Pesat
Bagi pengguna yang juga aktif menikmati musik melalui YouTube Music, YouTube Recap akan menampilkan rangkuman musik tersendiri, meliputi artis yang paling sering Anda dengarkan, lagu teratas sepanjang tahun, genre musik favorit, podcast popular hingga cuplikan musik internasional yang Anda dengarkan.
Integrasi dengan YouTube Music menjadikan YouTube Recap sebagai salah satu rekap paling menyeluruh, menggabungkan konsumsi video dan audio dalam satu paket.
Pengalaman Rekap yang Lebih Personal dan Komprehensif
Dengan kehadiran Rekap YouTube, pengguna kini dapat melihat jejak digital konsumsi konten mereka dalam format visual yang rapi dan menarik. Fitur ini memperluas tren rangkuman akhir tahun, sekaligus menghadirkan pengalaman personal baru bagi lebih dari dua miliar pengguna global YouTube.