Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop Perkuat Komitmen Pemberdayaan Perempuan di Era Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - TikTok dan Tokopedia, melalui TikTok Shop by Tokopedia, turut merayakan Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, dengan terus berupaya menjadi bagian dari perjalanan banyak perempuan Indonesia yang ingin tumbuh dan berdaya melalui dunia digital.

Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz menyampaikan bahwa perempuan bisa menjadi penggerak ekonomi digital. Lewat Tokopedia dan TikTok Shop, perusahaan membuka peluang luas bisnis online bagi pelaku usaha perempuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia dan bertumbuh bersama.

"Misalnya TikTok Shop by Tokopedia terus bekerja sama dengan Kemenekraf RI melalui program Creators Lab x Emak Emak Matic (Emak-Emak Melek Teknologi) untuk melatih ratusan perempuan, khususnya usia produktif, agar bisa menjadi affiliate content creator yang bisa menghasilkan pendapatan dari mempromosikan produk UMKM local," ujarnya.

“Selain itu, Tokopedia dan TikTok Shop rutin memberi panggung yang luas bagi perempuan UMKM agar bisa berkarya lewat bisnis online. Bolosego dan Animate adalah beberapa contoh usaha di Tokopedia dan TikTok Shop yang didirikan oleh perempuan dan mampu memberdayakan perempuan lainnya untuk bisa berkarya,” ungkap Rizky.

Baca Juga:
Tren Awal Tahun, Produk Olahraga Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia

Usaha oseng mercon Bolosego, asal Sleman, Yogyakarta, yang didirikan oleh Dyah Laily Fardisa pada 2020 setelah dirinya terkena PHK imbas pandemi Covid-19. Berangkat dari semangat untuk bangkit, Dyah memutuskan untuk membantu seorang ibu penjual oseng mercon yang terdampak pandemi, serta menggandeng ibu-ibu di warung sekitar yang bernasib serupa.

“Awalnya, karyawan Bolosego hanya terdiri dari 8 orang ibu-ibu. Kini, kami bisa mempekerjakan 150 orang, dimana 50% dari jumlah tersebut merupakan perempuan yang berperan penting dalam menjaga cita rasa Bolosego. Pencapaian ini juga tidak terlepas dari peran platform Tokopedia dan TikTok Shop, yang turut berkontribusi 70% pada pendapatan online Bolosego,” cerita Dyah.

Sedangkan, Animate adalah brand perawatan kulit dan kecantikan lokal yang didirikan oleh Yunna Mercier pada 2021, terinspirasi dari pengalaman pribadinya tidak cocok dengan berbagai skincare.

“Sejak memulai usaha, saya mengembangkan produk dan memasarkannya secara digital lewat platform Tokopedia dan TikTok Shop. Berkat fitur Live Shopping dan Ads, penjualan Animate mengalami kenaikan signifikan. TikTok Shop berkontribusi sekitar 30% penjualan online Animate. Kini, kami bisa memberdayakan lebih banyak orang, terutama kaum perempuan yang jumlahnya sekitar 70% dari total 800 karyawan Animate yang berlokasi di kantor pusat di Jakarta dan pabrik kami di Bogor,” ungkap Yunna.

Data internal Tokopedia dan TikTok Shop menunjukkan data yang menarik dalam partisipasi perempuan sebagai pembeli. Di Tokopedia, beberapa daerah mencatatkan jumlah pembeli selama kuartal I 2025, termasuk perempuan pembeli, antara lain Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Gorontalo. Hal ini menunjukkan semakin banyak perempuan yang terhubung dan terbiasa bertransaksi secara digital, khususnya di platform yang memberikan pengalaman belanja yang lebih aman dan mudah.

Baca Juga:
Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong UMKM Maksimalkan Live Streaming di TikTok

Sedangkan dari sisi produk, penjualan sejumlah kategori produk di Tokopedia yang cenderung digemari para perempuan turut mengalami kenaikan selama kuartal I 2025 yaitu Fesyen Perempuan, Ibu dan Bayi, Kecantikan, Muslim Fesyen, serta Fesyen Anak dan Bayi.

Secara keseluruhan, TikTok Shop mencatat pertumbuhan jumlah pembeli termasuk pembeli perempuan di berbagai daerah, termasuk Maluku Utara, Sulawesi Barat, Aceh, Lampung, dan Bali, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat. Hal ini menunjukkan bagaimana TikTok Shop by Tokopedia bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat yang lebih luas, termasuk perempuan di luar kota-kota besar.

Melihat tren positif ini, inisiatif Beli Lokal terus menjadi fokus utama Tokopedia dan TikTok Shop. Kampanye ini menampilkan produk-produk pilihan dari merek lokal, termasuk dari merek lokal yang didirikan oleh perempuan Indonesia.

SHARE:

vivo T4 Siap Rilis, Bawa Kamera "Tajam"

Ragam Paket Internet Tri Ibadah Haji Mulai dari Rp200 Ribuan