
Technologue.id, Jakarta - Spotify baru saja mengumumkan peluncuran fitur baru yang memungkinkan pengguna mengikuti lokasi konser favorit mereka langsung dari aplikasi. Fitur ini menjadi langkah strategis untuk semakin menghubungkan penggemar musik dengan pengalaman live, serta memberikan informasi terbaru mengenai konser mendatang di tempat-tempat pilihan mereka.
Dengan fitur ini, pengguna dapat menandai lokasi seperti stadion, arena, atau klub sebagai lokasi favorit. Lokasi yang dipilih akan secara otomatis disimpan ke dalam perpustakaan Spotify. Saat pengguna menelusuri sebuah lokasi, mereka akan disuguhkan dengan detail lengkap konser yang akan datang, pengumuman umum, dan bahkan bisa memfilter acara berdasarkan genre musik.
Baca Juga:
Spotify x ChatGPT: Rekomendasi Musik Personal Lewat Obrolan AI
Yang lebih menarik, mengklik suatu lokasi juga akan memunculkan “saran lokasi lain di sekitar”, memungkinkan pengguna menemukan venue baru yang mungkin sebelumnya belum dikenal.
Spotify menyebut bahwa platformnya kini melacak lebih dari 20.000 lokasi di seluruh dunia, dari arena legendaris hingga klub kecil independen yang sering menjadi tempat tampil artis-artis baru. Untuk mendukung proses pembelian tiket, setiap acara juga akan dilengkapi tautan ke mitra tiket resmi dari venue yang bersangkutan, sehingga pengguna bisa langsung membeli tiket tanpa harus keluar dari ekosistem Spotify.
Selain fitur lokasi, Spotify juga memperbarui Live Events Feed. Kini, feed tersebut akan diperbarui setiap hari, bukan hanya setiap minggu seperti sebelumnya. Feed ini secara otomatis menampilkan jadwal tur artis yang diikuti pengguna, serta acara-acara langsung yang akan berlangsung di wilayah sekitar mereka.
Sebagai tambahan, Spotify juga baru-baru ini meluncurkan daftar putar khusus konser yang menampilkan artis-artis yang akan tampil di sekitar pengguna. Daftar ini diperbarui mingguan dan berisi 30 lagu, yang bisa memberi gambaran sonik tentang konser-konser mendatang di kota mereka.
Baca Juga:
Aplikasi Spotify Kini Punya Layanan Messaging Sendiri
Fitur-fitur baru tersebut bisa menjadi cara Spotify memperbaiki citranya di tengah berbagai kontroversi yang menimpanya dalam beberapa tahun terakhir. CEO Spotify, Daniel Ek, mendapat sorotan tajam karena keterlibatannya dalam pendanaan perusahaan manufaktur senjata, sementara platform ini juga dikritik karena menayangkan iklan rekrutmen untuk badan pemerintah yang kontroversial seperti ICE (Immigration and Customs Enforcement) di AS.
Di sisi lain, langkah Spotify memperkuat ekosistem konser dapat dilihat sebagai bentuk dukungan nyata untuk para musisi. Mengingat pendapatan dari streaming relatif kecil bagi banyak artis, penjualan tiket konser langsung tetap menjadi salah satu sumber penghasilan utama. Dengan mempermudah promosi dan penjualan tiket melalui platformnya, Spotify secara tidak langsung turut memperkuat ketahanan finansial para musisi yang menjadi tulang punggung layanannya.