
Technologue.id, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), operator kereta api terbesar di Indonesia, telah menjalin kemitraan dengan Zimbra untuk meningkatkan keamanan email di tengah meningkatnya ancaman siber, sekaligus memenuhi regulasi kedaulatan data nasional yang terus berkembang.
Langkah ini merupakan bagian dari upaya lebih luas pemerintah Indonesia dalam memperkuat ketahanan siber melalui kemitraan publik-swasta dan membangun ketahanan jangka panjang terhadap ancaman digital yang terus berkembang.
Baca Juga:
Digitalisasi Telkomsel Business Dongkrak Pariwisata Sumbar
Secara regional, kemitraan ini mencerminkan tren di mana pemerintah dan organisasi sektor publik Asia Tenggara semakin memprioritaskan kontrol atas data dengan memilih solusi on-premise dan berdaulat, dibandingkan dengan layanan cloud asing.
Zimbra Network Edition memungkinkan PT KAI untuk mendapatkan kontrol penuh atas infrastruktur komunikasi mereka, menjamin keamanan dan kepatuhan data, serta meningkatkan keandalan sistem di jaringan nasional yang melayani lebih dari 28.000 karyawan.
"Dengan sistem yang di-deploy secara lokal, enkripsi penuh, dan integrasi yang mulus, kami dapat menjaga efisiensi operasional di seluruh jaringan kami," ujar Bagit Airlangga, Manager of IT Application and Data Center PT Kereta Api Indonesia.
Baca Juga:
Huawei Tampilkan Solusi Kereta Api Cerdas Masa Depan
Ke depannya, KAI dan Zimbra juga tengah mempertimbangkan ekspansi sistem secara lebih lanjut, baik secara internal maupun di sektor-sektor regulasi lainnya.
Pengumuman ini mengikuti berita sebelumnya dari Zimbra di Thailand, di mana lebih dari 16.500 akun email di instansi pemerintah berhasil diamankan, mendukung agenda keamanan siber dan kedaulatan digital Thailand.