Technologue.id, Jakarta - OpenAI memperkenalkan fitur baru di ChatGPT yang dirancang untuk mempermudah pengalaman berbelanja pengguna. Fitur tersebut, bernama Shopping Research, hadir sebagai alat komparasi produk yang memanfaatkan kecerdasan AI untuk membantu pengguna menemukan barang terbaik sesuai kebutuhan mereka, tepat pada waktunya untuk puncak musim diskon akhir tahun.
Mulai hari ini, seluruh pengguna ChatGPT—baik yang berlangganan maupun yang menggunakan akun gratis dapat mengakses fitur Shopping Research. OpenAI bahkan menawarkan penggunaan hampir tanpa batas selama musim liburan. Pengguna cukup masuk ke akun mereka dan memilih opsi Shopping Research dari menu "+" di dalam aplikasi.
ChatGPT juga akan secara otomatis mengarahkan perintah tertentu ke model baru ini, terutama pertanyaan yang berkaitan dengan pencarian produk. Misalnya, jika pengguna mengetikkan "Temukan penyedot debu stik nirkabel paling senyap untuk apartemen kecil". ChatGPT akan langsung memanfaatkan model belanja ini untuk memberikan rekomendasi yang relevan.
Baca Juga:
ChatGPT Terlibat Kasus Bunuh Diri, OpenAI Kena Gugat
Saat mencari produk, ChatGPT dapat mengajukan pertanyaan klarifikasi untuk mempersempit rekomendasi. Misalnya, model mungkin menanyakan kisaran harga, fitur yang diinginkan, atau gaya produk tertentu.
Selain komparasi produk, fitur ini dapat digunakan untuk melacak penawaran dan diskon, mencari hadiah personal, menemukan produk serupa dari foto, hingga membatasi pencarian berdasarkan anggaran.
Sebagai contoh, pengguna dapat mengunggah foto sebuah gaun dan meminta ChatGPT mencari alternatif dengan harga di bawah $250.
Bagi pengguna ChatGPT Pulse, fitur ini akan bekerja lebih proaktif dengan membuat kartu rekomendasi dan panduan pembelian berdasarkan percakapan sebelumnya.
OpenAI menjelaskan bahwa alat ini dijalankan oleh varian GPT-5 mini yang khusus dilatih untuk tugas komparasi produk dan riset belanja. Model ini dikembangkan untuk membaca dan memahami situs-situs tepercaya, mengutip sumber dengan akurat, serta menggabungkan berbagai informasi untuk membuat ringkasan riset produk yang berkualitas tinggi.
Baca Juga:
Kalah Saing, Elon Musk Gugat Apple dan OpenAI
Secara teori, model ini akan lebih tepat dalam menyebutkan spesifikasi produk dibandingkan model generik seperti GPT-5 Thinking.
Namun, OpenAI tetap mengingatkan pengguna untuk berhati-hati. “Shopping Research mungkin membuat kesalahan terkait detail produk seperti harga dan ketersediaan, dan kami menganjurkan Anda untuk mengunjungi situs penjual untuk mendapatkan detail yang paling akurat," bunyi pernyataan dari OpenAI.
OpenAI juga mengatakan bahwa fitur ini bekerja paling baik pada kategori dengan spesifikasi yang jelas seperti elektronik, kecantikan, dan peralatan rumah tangga.