Technologue.id, Jakarta - Instagram dikabarkan tengah menyiapkan font baru untuk Reels dan Stories. Font baru ini bernama Sans, yang dihadirkan Instagram sebagai bagian dari penyegaran visual untuk branding.
Selain mempersiapkan font, Instagram juga membawa logo baru yang lebih berwarna dan layout marketing dengan layar penuh. Penyegaran ini dirancang Instagram untuk mendorong evolusi berkelanjutan dan membantu menciptakan pengalam yang lebih mendalam.
Baca Juga:
Instagram Stories Uji Coba Fitur Sembunyikan Postingan Berlebihan
Desain terinspirasi oleh logo Instagram. Dalam keterangan resmi, Instagram menyebut font terinspirasi oleh persegi (square) dan lingkaran (circle) yang menjadi squircle.
Lebih lanjut, font Instagram Sans merupakan hasil kontemporer dari gaya grotesque dan geometris. Beberapa font baru yang dikenalkan Instagram antara lain Instagram Sans Regular, Bold, Light, Medium, Condensed, dan Condensed Bold.
Dilansir dari TechCrunch, Instagram Sans menjadi cara baru bagi komunitas global untuk mengekspresikan dirinya di Instagram Stories dan Reels.
Aplikasi Meta ini telah bekerjasama dengan ahli bahasa untuk membuat typeface yang bisa ditampilkan dalam beragam bahasa, termasuk aksara bahasa Thailand, Jepang, dan Arab.
Font ini dirancang untuk membuat identitas Instagram. Setidaknya, jika ada konten Reels atau Stories menggunakan caption dengan font Sans Script akan terlihat jelas bahwa konten tersebut berasal dari Instagram.
Baca Juga:
4 Cara Bikin Konten Olahraga yang Epic untuk TikTok dan Instagram Reels
Sementara untuk logo, warna gradien dibuat lebih cerah agar terlihat lebih terang dan hidup. Terkait layout dengan layar yang lebih penuh, dirancang untuk lebih menonjolkan konten dan mengutamakan kesederhanaan.
Layout dengan layar penuh ini diumumkan setelah Instagram menguji tampilan feed layar penuh ala TikTok. Pada uji coba ini, foto dan video ditampilkan secara penuh dengan caption yang bisa meninggalkan komentar menumpuk di atas konten.